Sistem Informasi Slot Time Management

Sistem Informasi Slot Time Management

Deskripsi

Kantor Otoritas Bandar Udara tergabung di dalam Unit Pelaksana Koordinasi Slot (UPKS) yang bertugas sebagai fasilitator dan/ atau mediator penerapan slot time di Bandar Udara yang menjadi area tugasnya yang terdiri dari Kepala Bidang atau Kepala Seksi di Kantor Otoritas Bandar Udara, Senior  Manager atau Manager atau Kepala Unit di Bandar Udara yang membidangi Airport Operation dan Air Traffic Services (ATS) Coordinator atau Manager ATS di Bandar Udara.

Untuk Unit Pelaksana Koordinasi Slot (UPKS) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai melibatkan 3 (tiga) instansi yaitu Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV, PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, dan Perum LPPNPI (Airnav) Cabang Denpasar.

Sistem Informasi Slot Time Management dikembangkan untuk mempermudah dan mempercepat pengelolaan data dan pelayanan terhadap informasi kegiatan penerbangan khususnya terkait Notice of Airport Capacity (NAC) baik dari sisi Runway, Apron maupun terminal pada Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Alur

-

Fitur

Modul Notice of Airport Capacity  (NAC)

Modul digunakan untuk menampilkan seluruh data slot berdasarkan ijin rute penerbangan. Modul ini juga digunakan untuk menampilkan kondisi aktual penggunaan slot yang ada. Modul ini juga menampilkan hasil analisis statik (sebagai resume) atas penggunaan runway dan penggunaan parking stand.

 

Modul Runaway Capacity

Modul digunakan untuk menampilkan status penggunaan runway dibandingkan dengan kapasitas yang tersedia. Kapasitas dapat disesuaikan dengan kondisi dan juga ketika dikeluarkan pemberitahuan khusus (NOTAM). Dengan perhitungan dan pengolahan data maka menggunakan modul ini dapat dilakukan evaluasi permintaan slot yang diajukan berdasarkan status penggunaan runway.

 

Modul Apron Capacity

Modul digunakan untuk menampilkan status penggunaan APRON dibandingkan dengan kapasitas yang tersedia. Terkait penentuan kapasitas diperlukan perhitungan dinamis yang melibatkan jumlah parking stand, luas APRON serta kemampuannya untuk menampung pesawat dengan jenis-jenis tertentu: wide body, medium body, narrow body. Dengan perhitungan dan pengolahan data maka menggunakan modul ini dapat dilakukan evaluasi permintaan slot yang diajukan berdasarkan status penggunaan APRON

 

Modul Terminal Capacity

Modul digunakan untuk menampilkan status penggunaan terminal dibandingkan dengan kapasitas yang tersedia. Terkait penentuan kapasitas diperlukan perhitungan dinamis yang melibatkan jumlah counter check-in (baik untuk penerbangan domestik maupun internasional) dan jumlah (kapasitas) gate tersedia. Dengan perhitungan dan pengolahan data maka menggunakan modul ini dapat dilakukan evaluasi permintaan slot yang diajukan berdasarkan status penggunaan Terminal

 

Modul On Time Performance (OTP)

Modul ini menampilkan hasil analisis atas tingkat On Time Performance (OTP) untuk masing-masing airline. On Time Performance dievaluasi berdasarkan ketepatan waktu data/terbang untuk setiap jadwal slot yang telah dialokasikan untuk masing-masing airline. Analisis OTP ini dilakukan baik untuk penerbangan domestik maupun internasional.

 

Modul Slot Performance

Modul ini menampilkan hasil analisis atas tingkat Slot Performance untuk masing-masing airline. Slot Performance dievaluasi berdasarkan penggunaan slot yang telah dijadwalkan berdasarkan ijin rute untuk setiap airline. Analisis Slot Performance ini dilakukan baik untuk penerbangan domestik maupun internasional.

-

Spesifikasi Hardware

-

Klien

-

Copyright © 2014 Time Exelindo.