Sistem Manajemen Aset

Sistem Manajemen Aset

Deskripsi

Aset mempunyai sifat sebagai manfaat ekonomik dan bukan sebagai sumber ekonomik karena manfaat ekonomik tidak membatasi bentuk atau jenis sumber ekonomik yang dapat dimasukkan sebagai aset yang umumnya terbagi manjadi aset tetap dan tidak berwujud. Dengan banyaknya asset yang dimiliki oleh instansi tentu saja perlu adanya manajemen yang mengelolaan informasi tersebut.
 
Manajemen asset menjadi bahasan yang cukup serius mengingat umur ekonomis asset yang berbeda dan butuh penanganan lebih lanjut. Secara umum, Manajemen Aset berarti proses pengelolaan aset mulai dari perencanaan (planning), pengadaan (acquisition), pengoperasian dan pemeliharaan (operation and maintenance), dan penghapusan (disposal) yang terus menerus dimonitor sehingga prosesnya berjalan dengan baik dan strategis dalam mendukung tercapainya tujuan suatu organisasi. Peran penting manajemen aset, baik di sektor publik maupun sektor swasta, semakin diakui dan tidak kalah dengan peran manajemen keuangan dan manajemen sumber daya manusia.

Alur

 
Pada sistem Aplikasi Management Aset terdapat 4 alur penggunaan, sebagai berikut:
1. Pengaturan Sistem (Data Operator)
Pada tahap awal, tentukan operator atau pengguna yang dapat mengakses aplikasi ini. Tentukan personil baik sebagai operator maupun personil departemen. Isikan datanya secara lengkap pada menu setting.
 
2. Pengelolaan Data Master
Pada alur ini, input data departemen yang ada, lokasi, kategori barang, jenis barang, merk barang, vendor, ruangan, pemilik ruangan, dan personil.
 
3. Pengelolaan Inventarisasi
Setelah 2 alur telah terpenuhi, selanjutnya aplikasi ini mulai dapat difungsikan sebagaimana operasional harian. Pada pengelolaan ini terdapat beberapa fitur diantaranya Pengadaan, Barang, Barkas, Disposal, Audit, Service, Penyusutan, Mutasi, Sewa, Pinjam, dan Hibah. Sesuai fungsinya sebagaimana penjelasan pada sub Fitur dan Fungsi.
 
4. Penyajian Laporan
Tahapan ini adalah tahapan terakhir, untuk melihat laporan-laporan yang sudah dikelola oleh sistem aplikasi. Laporan yang diperoleh diantaranya laporan barang, inventaris asset, asset tetap dan pengadaan.
 

-

Fitur

a. Sistem dapat mencatat pengelolaan barang seperti berikut :
  • Pengadaan Barang, dilengkapi fasilitas attach invoice
  • Distribusi Barang, menghasilkan Surat Serah Terima Barang
  • Disposal, penghapusan asset
  • Audit, fitur untuk memeriksa kondisi barang di tiap-tiap ruangan
  • Service, berguna untuk mencatat service barang, dilengkapi dengan attach bukti service atau nota.
  • Penyusutan, fitur untuk menghitung biaya penyusutan tiap-tiap asset
  • Mutasi, fitur untuk mencatat perpindahan barang dan menghasilkan output Berita Acara Mutasi Barang
  • Sewa, berguna untuk mencatat barang yang disewa atau disewakan. Dilengkapi dengan attach dokumen-dokumen yang berhubungan dengan sewa.
  • Pinjam, fitur untuk mencatat transaksi peminjaman. Dengan output laporan peminjaman barang.
  • Hibah, berguna untuk mencatat barang yang didapat dari hibah.
 
b. Sistem dapat mencatat dan mengolah data-data pendukung, diantaranya :
  • Bagian, berisi data bagian-bagian organisasi dan penanggungjawab bagian tersebut.
  • Lokasi, berisi data seluruh lokasi yang ada.
  • Kategori barang, berisi data kategori barang. Contoh : elektronik, mebel , kendaraan dan lain-lain.
  • Jenis barang, merupakan rincian dari kategori barang.
  • Merk barang, berisi daftar merk barang.
  • Vendor, berisi daftar vendor-vendor yang mensuplai barang-barang.
  • Ruang, berisi daftar ruangan yang ada.
  • Pemilik Ruangan, berisi data pemilik ruangan atau penanggung jawab ruangan.
 
c. Sistem dapat menyajikan output atau laporan berikut :
  • Laporan Barang, menyajikan berbagai jenis laporan yang berhubungan dengan barang seperti, nilai asset barang, jumlah barang per group, per lokasi dan per jenis barang.
  • Laporan Inventaris Asset, menyajikan laporan penyusutan asset.
  • Laporan Asset Tetap, menyajkan laporan nilai buku aset.
  • Laporan Pengadaan, menyajikan daftar pengadaan barang.
 

-

Spesifikasi Hardware

-

Klien

1. STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

2. KANTOR OTORITAS BANDAR UDARA WILAYAH VIII MANADO

-

Copyright © 2014 Time Exelindo.