Disaster Recovery Center

Bencana alam seperti gempa bumi, kebakaran, banjir, badai bisa terjadi kapanpun dimanapun tanpa ada pemberitahuan, begitu juga dengan hal-hal seperti kerusakan dan kerusuhan terjadi begitu cepat menyebabkan bisnis suatu organisasi atau perusahaan tidak memiliki waktu untuk mencegahnya, kondisi downtime ini yang akan menyebabkan kerugian secara materil. Namun kekhawatiran ini sedikit banyak dapat teratasi dengan fasilitas DRC, Disaster Recovery Center.

DRC merupakan fasilitas yang berfungsi untuk mengambil alih fungsi suatu unit ketika terjadi gangguan serius yang menimpa satu atau beberapa unit
kerja penting di perusahaan atau instansi, seperti pusat penyimpanan dan pengolahan data dan informasi. DRC sudah bukan hal yang baru di dunia IT Indonesia, contoh pemanfaatannya adalah ketika terjadi malapetaka yang menimpa suatu perusahaan, seperti kebakaran, banjir dan lain sebagainya perusahaan tersebut akan lebih cepat kembali beroperasi, karena telah mempersiapkan DRC untuk mengantisipasi bencana yang tidak dikehendaki tersebut.

Secara umum DRC berfungsi untuk :

  • Meminimalisasi kerugian finansial dan nonfinansial dalam meghadapi kekacauan bisnis atau bencana alam meliputi fisik dan informasi berupa data penting perusahaan.
  • Meningkatkan rasa aman di antara personel, supplier, investor, dan pelanggan.


Mengingat betapa penting sekali bisnis continuity dalam sebuat perusahaan, ada 3 pilihan type DRC yang sesuai dengan kondisi budget perusahaan, yaitu :

  • Cold DRC : cold drc ini menyediakan sistem yang sama seperti dilokasi data center di perusahaan anda dimana aplikasi dan data akan diupload sebelum fasilitas drc bisa digunakan,namun proses pemindahan dari data center ke lokasi DRC akan dilakukan secara manual.
  • Warm DRC : warm drc ini akan menyediakan komputer dengan segala komponennya, aplikasi, link komunikasi, dan backup data yang paling update, dimana system tidak otomatis berpindah tetapi masih terdapat proses manual meskupun dilakukan seminimal mungkin.
  • Hot DRC : hot DRC ini mengatur secepat mungkin opersional bisnis , system dengan aplikasi, link komunikasi yang sama sudah di pasang dan sudah tersedia di lokasi DRC, data secara continu dibackup menggunakan koneksi live antara data center dan lokasi DRC, dan operasional bisnis akan berjalan pada saat itu juga, tanpa harus mematikan sistem di data center lama.
Copyright © 2014 Time Exelindo.